Friday 28 June 2019

Cara membuat Daftar Isi supaya lurus

Artikel Cara membuat Daftar Isi supaya lurus titik-titiknya ini mungkin bisa sedikit membantu anda yang kurang faham dan belum tahu sama sekali bagaimana cara membuat Daftar Isi yang benar.

Cara membuat Daftar Isi supaya lurus

Gambar diatas menunjukkan sebuah Daftar Isi yang baik dan benar. Anda bisa melihat dari garis titik-titiknya yang lurus. Dan tanpa panjang lebar lagi mari kita mulai tutorial Cara membuat Daftar Isi supaya lurus ini. Bagi anda yang sudah mengetahui caranya mungkin anda bisa skip tutorial ini dan bagi yang belum bisa, harap diperhatikan step by stepnya karena sangat menentukan sekali.

Cara membuat Daftar Isi supaya lurus

Langkah pertama:
Buka dulu aplikasi MS Wordnya terserah versi apa saja yang anda punya. Karena walaupun berbeda versi, cara-caranya tetap sama. Dari dulu hingga sekarang, tidak pernah berubah. hahaha.
Setelah MS Word terbuka silahkan ketik dulu tulisan DAFTAR ISI dengan ukuran font 14 dan dibuat bold. buatlah tulisan DAFTAR ISI nya berada ditengah, saya rasa kalian sudah tahu cara membuat tulisan berada ditengah. setelah itu silahkan tekan enter.
Dan disinilah bagian pentingnya.
Silahkan kalian ketik nama daftar isi yang akan kalian buat sebagai contoh saya akan mengetik sebuah daftar isi LEMBAR PENGESAHAN. jika sudah silahkan kalian tekan spasi satu kali dan silahkan kalian klik dua kali rulernya (harus cepat) sehingga nanti akan muncul box notifikasi seperti gambar dibawah ini.

Cara membuat Daftar Isi supaya lurus

Cara membuat Daftar Isi supaya lurus
Dalam box notifikasi tersebut ada beberapa pilihan dan silahkan anda pilih yang di tandai.
  1. Right
  2. Angka 2 dengan titik-titik
  3. Set
  4. OK
Setelah anda mengklik ok dan box nya menghilang, silahkan anda tekan TAB pada keyboard. Dan lihat yang terjadi pasti akan seperti gambar dibawah ini:

Cara membuat Daftar Isi supaya lurus

Setelah titik-titiknya muncul silahkan klik spasi sekali lagi dan silahkan kalian isi untuk halaman lembar pengesahannya, dan biasanya (isatu), setelah itu tekan enter. Mungkin anda akan bertanya bagaimana langkah selanjutnya?
Dan langkah selanjutnya adalah anda tinggal mengetik lagi judul Daftar isinya, misalnya Kata Pengantar. Setelah anda mengetik Kata Pengantar, silahkan anda tekan lagi tombol TAB yang ada pada keyboard. Dan tentunya secara otomatis akan muncul lagi titik-titik seperti gambar dibawah ini :


Gambar diatas menunjukkan setelah anda mengklik tab pada judul Kata Pengantar titik-titik muncul secara otomatis dan tinggal anda beri nomor halaman Kata Pengantar tersebut, biasanya (idua). Dan lakukan seperti langkah pertama dan kedua untuk dengan menekan tombol TAB pada keyboard untuk membuat titik-titik otomatis yang lurus.
Kunci dari membuat titik-titik otomatis pada halaman daftar isi adalah seperti diatas. Ketik, TAB, dan ENTER.
Ok. Mungkin tutorial ini akan sedikit membantu mengatas kesulitan dan permasalahan anda yang belum tahu Cara membuat Daftar Isi supaya lurus. Semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment