Friday 17 February 2017

Cara Membuat Cover Tugas Makalah

Belum bisa membuat cover atau sampul untuk tugas makalah? Ok.! mari kita buat bersama-sama cara membuat cover tugas makalah dengan cara yang sederhana sekali.
Pertama-tama buka dulu microsoft office word nya. Setelah terbuka kita akan mengatur page layoutnya terlebih dahulu. lihat gambar dibawah ini:


 Keterangan
  1. pilih toolbar home
  2. pilih font / huruf Times New Roman
  3. Ukuran Font pilih 20
  4. Untuk Paragraph pilih Tengah / Center
 Setelah itu klik tab toolbar Page Layout. lihat gambar dibawah ini



Setelah itu pilih Size. (keterangan gambarnya nomor 1)
Lalu akan muncul beberapa ukuran kertas, dan kita pilih A4 (keterangan gambarnya nomor 2).

Dan sekarang kita akan menuliskan Nama Tugas, (tekan enter) Materi Tugas,(tekan enter 10x) lalu ketik Nama,(tekan enter) Nama Kelas,(tekan enter 5x) dan yang terakhir Nama Sekolah. Kurang lebih nantinya akan seperti gambar dibawah ini.


Naaahhh sudah hampir jadi nih. sekarang kita tinggal menambah tiga garis di tengah agar terlihat lebih bagus. dan sekarang kita klik tab toolbar Insert lalu pilih Shapes lalu kita pilih Line seperti gambar berikut ini:


setelah itu kita tinggal membuat garis di tengah-tengah antara tulisan tugas dan nama yang sudah disediakan tadi dengan mengenter 10x.
Dan caranya adalah dengan mengklik ditempat kosong tadi, klik dan tahan lalu geser mouse ke bawah. nanti akan secara otomatis tampil garisnya. pastikan anda menariknya lurus kebawah agar terlihat bagus. jika sudah, kurang lebih tampilannya akan seperti ini:

Setelah itu, sentuhkan kursor mouse ke garis yang sudah di buat tadi. jika kursor sudah menyentuh garisnya akan ada tanda. kemudian klik kanan di garis tadi lalu kita pilih Format AutoShape di paling bawah. setelah di klik Format AutoShape akan ada box notifikasi dan tampilannya seperti gambar dibawah ini:

setelah tampil, hapus tulisan 0,75 pt, ganti dengan angka 5 lalu klik OK. lalu secara otomatis garis tadi akan lebih besar karena kita merubah ukurannya ke angka 5. baris pertama sudah di buat. sekarang kita akan membuat dua garis lagi. lakukan cara yang seperti membuat garis pertama, akan tetapi letaknya kali ini persis di sebelah garis pertama. setelah semuanya dilakukan dengan benar, maka berarti pembuatan cover sampul sudah selesai.

Jreng jreng jreeeeenggggg..... Selesai.....
Sekarang tinggal kita print. Untuk cara ngeprint nya kalian bisa melihatnya DISINI


2 comments: